Breaking News

Tari Ngangah Harimau Di Jiplak,Sanggar Seni Telaga Biru Protes

Suarakerinci.com, KERINCI-Sanggar Seni Telaga Biru Pulau Tengah berang, lantaran tari tradisional yakni tari ngangah Harimau milik sanggar seni Telaga Biru dan kini telah menjadi ikon kesenian kerinci di Jiplak.

Penjiplakan tarian ngangah harimau tersebut, baru diketahui sanggar seni telaga Biru pulau tengah melalui akun Media Sosial Instagram. Pada salah satu instagram yang diduga milik warga Muara bulian, yang memposting video tari ngaum Harimau.

"Meski judulnya beda, namun lirik dan tariannya sama. Video ini beredar sekirar bulan maret lalu, kami tidak bisa terima ini begitu saja,"ungkap Jores, Ketua Sanggar Seni Telaga Biru

Tidak hanya sampai di situ saja, lanjutnya pihaknya juga mendapati di media sosial akan adanya sanggar Tari dan silat sakti alam barajo yang membuat postingan dengan menawarkan suguhan tarian ngangah harimau, silat harimau kumbang, tari asyek dan tarian lama.

"Mereka juga menawarkan diri untuk penampilan tari ngangah harimau, tapi bukan kita yang tampil,"terangnya.

Dijelaskannya, tarian Ngangah Harimau ini sendirinya merupakan tarian tradisi pulau tengah, diciptakan oleh harun pasir yang mana didalam syairnya adalah setiap kata dalam peno adat yang memiliki makna yang luar biasa.

"Tarian ngangah harimau sudah di akui Indonesia sebagai Warisan Budaya Tak Benda, jadi kita minta pihak tersebut jangan permainkan kesenian dan tradisi kami,"tegasnya.(ade)

Tari Ngangah Harinau Dijiplak